:::: MENU ::::

Friday, May 3, 2019

 

Nikola Tesla adalah seorang penemu, fisikawan, teknisi mekanika, dan teknisi listrik Serbia-Amerika. ia terkenal berkat kontribusinya dalam mendesain sistem kelistrikan arus bolak-balik (AC).

Nikola Tesla lahir 10 Juli 1856 di sebuah desa di Smiljan, Kerajaan Austria (sekarang masuk Kroasia). Pada perang dunia pertama, pada masa itu di Eropa sedang terjadi ketegangan politik yang sangat panas, termasuk di Kerajaan Austria.

Nikola dianggap sebagai salah satu penemu listrik terpenting dalam sejarah dan merupakan salah satu teknisi terbesar di akhir abad ke-19 dan ke-20. Ia adalah seorang perintis elektromekanik, tanpa kabel juga daya listrik. Ia berketurunan Serbia dan menjadi warga negara Amerika Serikat di tahun 1981 selagi bekerja di negara tersebut.

Ia berketurunan Serbia dan menjadi warga negara Amerika Serikat pada 1891 selagi bekerja di negara tersebut. Paten Tesla dan kerja teorinya merupakan dasar dari daya listrik arus bolak-balik (bahasa Inggris: Alternating Current, AC) modern termasuk distribusi daya polyphase, dan motor AC, yang ia umumkan pada Revolusi Industri Kedua.

Setelah pendemonstrasian komunikasi tanpa kabel pada 1893 dan memenangkan “Perang Arus”, Tesla dianggap sebagai salah satu teknisi listrik AS terhebat. Di New York, Tesla bekerja untuk Edison.

Ia merancang 24 jenis dinamo. Namun keduanya tidak pernah cocok. Maka, April 1887 Tesla mendirikan laboratorium sendiri. Dalam waktu singkat ia membuktikan, sistem arus AC (bolak-balik)-nya jauh lebih hebat dibandingkan dengan sistem DC (searah) Edison.


Setelah meninggalkan perusahaan Edison, Tesla bermitra dengan dua pengusaha pada tahun 1886, Robert Lane dan Benjamin Vale, yang setuju untuk membiayai perusahaan penerangan listrik dengan nama Tesla, Tesla Electric Light & Manufacturing. Perusahaan ini dipasang listrik lampu busur sistem pencahayaan berbasis dirancang oleh Tesla dan juga memiliki desain untuk dinamo komutator mesin listrik, paten pertama yang dikeluarkan untuk Tesla di Amerika Serikat.

Para investor menunjukkan sedikit minat dalam ide-ide Tesla untuk jenis baru dari motor dan peralatan transmisi listrik dan juga tampaknya berpikir itu lebih baik untuk mengembangkan utilitas listrik daripada menciptakan sistem baru. Mereka akhirnya terpaksa meniggalkan Tesla dan menarik uang mereka. Dia bahkan kehilangan kontrol dari paten yang telah dihasilkan sejak ia ditugaskan mereka untuk perusahaan sebagai pengganti saham. Ia harus bekerja di berbagai pekerjaan perbaikan listrik dan bahkan sebagai penggali parit sebesar $ 2 per hari. Tesla menganggap musim dingin pada tahun 1886/1887 sebagai waktu "sakit kepala yang mengerikan dan air mata pahit." Selama ini, ia mempertanyakan nilai pendidikan dan menyesalinya.

Tesla meninggal pada tanggal 7 Januari 1943 tanpa uang sepeser pun dan dalam kondisi berhutang. Karyanya jatuh ke dalam ketidakjelasan setelah kematiannya. Namun pada tahun 1960, untuk menghormati Nikola Tesla, General Conference on Weights and Measures for the International System of Units  mendedikasikan nama “tesla” sebagai istilah untuk ukuran satuan SI, kekuatan medan magnet dan sejak 1990 reputasi Tesla kembali dikenal di popular culture. Pada tahun 2005, ia terdaftar di antara 100 nominasi teratas di acara TV “The Greatest American”, sebuah jajak pendapat/polling popularitas yang dilakukan oleh AOL dan The Discovery Channel.


  • Nama : Nikola Tesla.

  • Tempat Tgl Lahit : Smiljan,Kroasia 10 juli 1856.

  • Warga negara : Austria (pada tahun 1891 menjadi warga negara Amerika Serikat)
    Amerika Serikat (30 Juli 1891 – 7 Januari 1943).

  •  Profesi : Ilmuwan

  •  



Categories: ,

0 comments:

Post a Comment